1.
AAK
(Administrasi
Akademik & Kemahasiswaan)
AAK berada di lantai 2 gedung merah
STIKOM Surabaya
3
hal yang penting untuk mahasiswa:
· Buku
Pedoman Akademik.
· Kalender
Akademik.
· SIIS
(Student Integrited Information System)
Rekan
– rekan AKK :
a. Khoirul : Presentasi mahasiswa
dispensasi.
b. Tasya : Kehadiran
dosen.
c. Ali dan Sapta :
Regristrasi dan surat – surat
(transkrip
aktif).
d. Diana : Soal ujian dan
nilai ujian.
e. Netti : Ijazah,
Yudisium, Laporan
kopertis
f. Vivine : Kabag.
Akademik
Proses
AAK secara global :
a. Registrasi
dan her – Regristrasi (KRS) dalam Pasal
15
Kartu
Rencana Study
b. Perwalian.
c. Perkuliahan.
d. Ujian.
e. Semester
Pendek.
f. Yudisium
(KHS).
g. Tutup
Semester.
Cara pembayaran dan sanksi
keterlambatan, apabila
tidak akan mengikuti ujian :
Untuk mengupdate
status mahasiswa harus daftar uamg. Apabila 2x tidak registrasi akan tetrken DO
(Drop Out) secara otomatis. Semester 1 dan 2 masih terikat paket. Tetapi untuk
ajaran 2012 semester 2 apabila IPS > 2 maka boleh menambah SKS. Pembatalan
KRS max minggu ke 4 setelah perwalian sesuai dengan pesetujuan dosen wali (Pasal 15 Kartu Rencana Study)
Pasca
Perwalian ( minggu 1 ) :
· Jika
MK (Mata Kuliah) dibatalkan oleh prodi.
· Boleh
mengganti sesuai jadwal
Pembatalan
KRS ( minggu ke 4 ) :
· Hapus
MK maka status baru.
· Melalui
SIIS dan mencetak KRS dan AAK.
Cara
Pembayaran dan Sanksi Keterlambatan :
1. Semua
pembayaran BP atau BOP dilakukan melalui pendebetan otomatis pada rekening
mahasiswa pada Bank yang ditunjukan oleh STIKOM Surabaya dengan jadwal yang
diatur dalam ketetapan tersendiri.
2. Keterlambatan
pembayaran BP atau BOP dikenakan sanksi yang berlaku yaitu :
a.
Tidak dapat mengikuti Ujian UTS dan UAS.
b.
Dikenakan denda sebagai berukut:
Jumlah
Hari Keterlambatan
|
%denda
|
1 s/d 30
|
5%
|
31 s/d 90
|
10%
|
>90
|
15%
|
1.
AU
(Administrasi Umum)
AU
berada di lantai 2 gedung biru . Bagian AU menaungi peminjaman fasilitas yang
ada di STIKOM Surabaya misalnya peminjaman ruangan, bus, kursi dan lain – lain.
Tata
cara peminjaman ruang & peralatan :
1.
Mahasiswa meminta form
peminjaman di AU
2.
Mahasiswa mengisi form peminjaman dan di tanda tangani oleh mahasiswa yang bertanggung jawab pada peminjaman.
3.
Setelah itu berikan form pada petugas
dan akan disah kan oleh petugas.
4.
Foto copy form sebanyak 3 lembar.
5.
Berikan lembar 1 kepada petugas AU,
lembar 2 Bagian Kemahasiswaan dan lembar 3 pada
Satpam.
6.
Simpan form yang asli sebagai bukti.
2.
Kemahasiswaan
Pada dasarnya
Perguruan Tinggi mempunyai tugas untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia
(SDM-Mahasiswa) yang berkualitas. Kualitas SDM yang dimaksudkan bukan hanya
pada lingkup kompetensi, ketrampilan dan keahlian akademik (Hard Skill atau
Akademic Skill)
saja, tetapi juga menyangkut kepribadian, attitude, moral dan keimanan (Life
Skill atau Social Skill). Hal ini berarti Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar
menyuguhkan kegiatan akademis belaka, namun juga kegiatan-kegiatan non
akademis. Untuk pengembangan
Soft Skills,
bagian Kemahasiswaan STMIK STIKOM Surabaya berkewajiban mengelola kegiatan dan
program pembinaan Soft Skills dengan berkoordinasi bersama para kepala
Program Studi serta berkoordinasi dengan bagian terkait dalam rangka menyediakan
sarana dan fasilitas sebagai wadah organisasi kegiatan mahasiswa, sehingga
memungkinkan pengembangan penalaran, bakat minat dalam seni, budaya, dan olah
raga, kesejahteraan serta pengabdian kepada masyarakat.
3.
DEMA
Kedudukan
organisasi ini sebagai organisasi non-struktural di lingkungan STIKOM berfungsi
untuk menjaring, menampung dan menyaring serta mengemas aspirasi mahasiswa
dalam lingkungan STIKOM tentang apa yang dirasakan dan dihadapi dalam
bermacam-macam kegiatan yang telah maupun akan diadakan oleh Senat Mahasiswa.
Selanjutnya aspirasi tersebut diolah untuk diteruskan kepada lembaga untuk
mendapatkan tanggapan dan tindak lanjut. DEMA mempunyai kedudukan yang
sejajar dengan SEMA serta menjalankan fungsi pengawasan bagi pelaksanaan Program
Kerja SEMA, dan berintegrasi dengan Hima Prodi.
4.
SEMA
Organisasi
ini adalah pelaksana ( eksekutif ) dari Program Kerja Tahunan SEMA yang diputuskan dalam Rapat Kerja
Tahunan SEMA. Program Kerja Tahunan SEMA di dasarkan kepada :
1.
penjabaran arahan/kebijaksanaan lembaga kedalam Program Kerja Senat
Mahasiswa Tahunan
2.
Mengkoordinasikan,
mengkomunikasikan dan mengsinkronisasikan aktifitas kegiatan UKM (Unit Kegiatan
Mahasiswa) dan UKK (Unit Kegiatan Kerohanian) kearah semangat kompetisi yang
sehat dan prestasi
3.
Mengembangkan ketrampilan
manajemen organisasi mahasiswa.
5.
KOPMA
Menyediakan
beberapa barang kebutuhan mahasiswa, misalnya alat-alat tulis, buku paket,
fotocopy, makanan kecil, kafe, wartel dan sebagainya. Kopma ini memiliki badan
hukum dan dalam kepengurusannya dikelola oleh mahasiswa ada dalam bimbingan dan
pembinaan bagian Kemahasiswaan. Koperasi mahasiswa ini juga mengemban tugas
untuk mengenal dan menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta atau interprenuership
pada mahasiswa STIKOM Surabaya
.
6.
Perpustakaan
Jam Layanan :
-
Senin - Jum'at : 07.00 - 19.00 WIB
-
Sabtu : 07.00 - 12.00 WIB
Layanan perpustakaan diberikan dengan tujuan memberikan
kemudahan akses informasi dan pendayagunaan bahan perpustakaan dari semua jenis
karya cetak maupun karya dijital yang menjadi koleksi perpustakaan STIKOM
Surabaya. Selain
itu, pelayanan di perpustakaan STIKOM terus ditingkatkan sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berdasarkan minat,
kebutuhan dan permintaan masyarakat pelanggan perpustakaan.
Cara menggunakan komputer katalog :
Cara
menggunakan komputer katalog dengan memasukkan kata kunci untuk judul, atau
pengarang, atau subyek. Dari komputer katalog ini kita mendapatkan informasi
apakah koleksinya sedang dipinjam atau tidak, jumlahnya berapa, dan lokasinya
dimana. Sedangkan fungsinya adalah untuk:
o
Penelusuran koleksi
o
Informasi koleksi baru
o
Usulan pembelian koleksi
o
Masukan untuk perpustakaan
Tata tertib
perpustakaan :
-
Memasuki Perpustakaan dengan tertib
melalui pintu yang telah ditentukan dan wajib memasukkan NIM / NIK /
NIAB (No Induk Anggota Baca) di komputer yang telah
disediakan
- Bersepatu
dan memakai pakaian rapi, (baju dimasukkan pada rok / celana dan tidak memakai
kaos blong/tanpa krah).
-
Tidak membawa tas, jaket
dan tidak memakai topi (bisa dititipkan di Loker). Barang berharga harap
dibawa masuk (bila perlu lapor kepada petugas).
-
Tidak membawa makanan, minuman dan tidak
merokok di dalam ruangan
-
Turut menjaga ketenangan suasana
perpustakaan (bagi yang membawa HP harap mode silent diaktifkan)
-
Wajib memeriksakan semua barang yang
dibawa kepada petugas saat meninggalkan ruangan
Aturan dan
ketentuan peminjaman Koleksi :
-
Mahasiswa aktif :
·
3 expl Bahan Pustaka, masing-masing selama 6 hari
·
1 expl Majalah, selama 2 hari (jika bendel selama 6 hari)
·
1 keping CD (baik CD Software atau CD Buku) selama 1 hari
-
Mahasiswa tugas akhir :
·
5 expl Bahan pustaka, masing-masing selama 30 hari
·
1 expl Majalah selama 2 hari (jika bendel selama 6 hari)
·
1 keping CD selama 1 hari
7.
Keuangan
Pelayanan bagian mahasiswa :
a.
Biaya pengembangan / BP / SP
Hanya dikenakan sekali pada saat
menjadi mahasiswa baru.
b.
Biaya Operasional Pendidikan / BOP / SPP
Dibayarkan setiap semester yang
merupakan satu kesatuan dari biaya kuliah, registrasi, praktikum, dan ujian.
Besarnya BOP akan sama pada setiap semester hingga tahun ke – 4. Dan setelah
melewati tahun ke – 4 akan naik sesuai dengan BOP angkatan berikutnya atau
maksimal 25 % dari BOP awal.
Pembukaan kolektif rekening CIMB NIAGA :
-
Bukti registrasi / KTM
-
Fotocopy KTP
-
Mengisi surat keterangan dengan membawa foto 3 x 4.
-
Membawa uang Rp. 500.000
-
Membawa 2 materai Rp.6.000.
Tata cara pembayaran angsuran BOP :
- Mahasiswa mensetor uang ke masing – masing rekening CIMB NIAGA nya sebelum tgl 10 untuk setiap bulannya.
- Uang otomatis akan terdebit.
- Untuk yang tidak menggunakan autodebit, bisa mentransfer uang sejumlah
angsuran ke rekening stikom (CIMB atau BCA).
- Menyerahkan bukti transfer beserta nama dan nim ke bagian keuangan di
lantai 2 gedung biru.
0 komentar:
Posting Komentar